DP4 Kepri 1.406.522 Jiwa

TANJUNGPINANG, HALUAN MEDIA -Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk Pemilu 2014 mencapai 1.406.522 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di tujuh kabupaten/kota.

DP4 itu secara resmi diserahkan Gubernur Kepri HM Sani kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Den Yealta di Rupatama lantai 4 Kantor Gubernur Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (7/2).

Dari rekapitulasi secara keseluruhan, jumlah pemilih potensial untuk Kabupaten Bintan sebanyak 102.228 jiwa, Kabupaten Karimun 179.558 jiwa, Kabupaten Natuna 51.942 jiwa, Kabupaten Lingga 70.721 jiwa, Kabupaten Kepulauan Anambas 30.976 jiwa, Kota Batam 823.134 jiwa dan Kota Tanjungpinang sebanyak 147.963 jiwa.

HM Sani mengatakan data yang diberikan itu sudah lengkap dengan nama dan alamat penduduk sesuai dengan daerahnya masing-masing.

“Kita pertanggungjawabkan, sudah lengkap dan nanti akan diverifikasi lagi oleh KPU,” kata Sani

Ia mengharapkan DP4 itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada Pemilu 2014 mendatang.

Kata Sani, DP4 tersebut sebagian sudah didata dari elektronik KTP, karena baru di Bintan, Batam dan Tanjungpinang yang sudah berjalan pencatatannya dengan sempurna.

“Saya harapkan kabupaten lain mempercepat penyelesaian pencatatan penduduk melalui e-KTP, agar kedepannya tidak ada lagi daftar penduduk ganda,” harapnya.

Selain itu, menurut gubernur pesta demokrasi sangat mempengaruhi keamanan dan kondusifnya suatu daerah, sehingga diharapkan nantinya semua pihak dapat sama-sama menjaga agar Kepri tetap aman dan kondusif.

Sementara itu Ketua KPU Kepri, Den Yealta mengatakan pihaknya akan melakukan pemutakhiran DP4 yang diterima dari pemerintah tersebut untuk dijadikan daftar pemilih sementara (DPS) dan selanjutnya untuk daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilu 2014.

“Kita akan melakukan pemutakhiran terhadap DP4 tersebut, sehingga nantinya akan diketahui berapa DPS dan juga DPT,” katanya.

Di hari yang sama, masing-masing kepala daerah juga menyerahkan secara langsung DP4 ke KPU setempat. Di Batam, DP4 diserahkan Walikota Batam Ahmad Dahlan.

Komisioner KPU Batam Ngaliman mengatakan DP4 itu akan diverifikasi lagi oleh KPU untuk dijadikan DPS dan DPT dalam Pemilu 2014.

Ngaliman mengatakan KPU Pusat memastikan jumlah kursi anggota DPRD Kota Batam pada Pemilu 2014 bertambah lima menjadi 50 kursi legislator.

“KPU Pusat sudah menetapkan jumlah kursi bertambah dari 45 menjadi 50 orang,” kata dia. Penambahan itu sesuai dengan penetapan jumlah penduduk Batam sebesar 1.060.309 jiwa yang tertuang dalam surat keputusan nomor 08/KPTS/KPU/2013.

Sementara di Karimun, DP4-nya sebanyak 179.558 orang. Data itu diserahkan Sekretaris Daetah (Sekda) Anwar Hasyim kepada Plt Ketua KPU Karimun Risdiyansyah di Kantor Bupati, Kamis (7/2).

Anwar Hasyim mengatakan jumlah pemilih berdasarkan kecamatan yang ada di Karimun yakni Kecamatan Moro sebanyak 13.885 orang. Selanjutnya Kundur 28.059 orang, Kecamatan Karimun 39.074, Meral 36.626, Tebing 20.256, Buru 7.293, Kundur Utara 8.144, Kundur Barat 13.230, Durai 4803, Meral Barat 1.435, Ungar 982 dan Kecamatan Belat 4.511 orang.

Plt Ketua KPU Karimun Risdiyansyah mengatakan, dalam Pemilu 2014 mendatang Kabupaten Karimun masih terbagi dalam empat daerah pemilihan (Dapil) yakni Dapil Meral-Tebing, Karimun Buru, Dapil Kundur meliputi Kundur Utara dan Kundur Barat serta Dapil Moro-Durai. Namun, karena Kabupaten Karimun sudah ada penambahan kecamatan maka dapilnya akan dimasukkan dengan dapil terdekat.

“Untuk sementara, Karimun masih tetap empat dapil. Untuk kecamatan yang baru seperti Kecamatan Meral Barat bisa dimasukkan ke dapil Meral dan Tebing. Namun, untuk Kundur belum diketahui pasti apakah nanti disebut Dapil Kundur saja atau nama Dapilnya disesuaikan dengan kecamatan masing-masing,” kata Risdiyansyah.

Selain penentuan dapil, alokasi kursi legilatif 2004 masih tetap sama yakni sebanyak 30 kursi. Alasannya, karena jumlah data di DP4 pemilu sebelumnya tidak jauh berubah dengan DP4 sekarang. Hanya terjadi peningkatan sebanyak 200 jiwa lebih saja.

Sedangkan di Natuna, Asisten II Pemkab Natuna, Khaidir Char menyerahlan DP4 berjumlah 51.942 jiwa. Data itu diserahkan ke KPU setempat di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna, Kamis (7/6)

Khaidar berharap data yang diserahkan itu dapat bermanfaat dan benar -benar bisa menjadi acuan bagi KPU dalam mensukseskan Pemilukada mendatang.

Plt Ketua KPUD Natuna, Zahardin mengatakan, DP4 ini dijadikan sebagai bahan pembanding data pemilih yang lalu dan yang akan datang.

Sementara di Bintan, DP4 diserahkan langsung Wakil Bupati Bintan, Khazalik sebanyak 102.228 jiwa yang tersebar di 51 desa/kelurahan yang ada di 10 kecamatan. Data itu diterima Ketua KPU Bintan Arison di Kantor Bappeda Bintan, Kamis (7/2).

Khazalik mengatakan, penyerahan DP4 merupakan data yang diolah atau diambil dari database kependudukan Kabupaten Bintan yang telah dilakukan pemuktahiran, pembersihan dan verifikasi mulai tingkat kecamatan, kabupaten hingga tingkat pusat.

Ketua KPU Bintan Arison mengatakan dengan penyerahan DP4 ini, maka KPU Bintan telah melaksanakan tahap ke-3 yang akan segera dimulai dari pemilu 2014 mendatang.

Sedangkan di Anambas, DP4 diserahkan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Drs Tengku Mukhtaruddin ke Ketua KPU Anambas, Marzuki
di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Tarempa, Anambas, Kamis (7/2).

Tengku Mukhtaruddin mengatakan penyarahan data DP4 tersebut sangat diperlukan oleh KPU dalam menentukan DPS bagi masyarakat di Anambas khususnya pada Pemilu 2014 mendatang, sebelum ditentukannya daftar pemilihan tetap nantinya.

“Penyerahan DP4 tersebut dilakukan serentak diseluruh wilayah tanah air. Jumlah daftar pemilih sementara yang baru terdaftar di Anambas sendiri sampai saat ini, sebanyak 30.976 orang. Data tersebut diperoleh dari hasil rekaman e-KTP yang kita lakukan baru-baru ini,” kata Muktaruddin.

Ketua KPUD KKA Marzuki mengatakan DP4 itu akan digunakan sebagai penetapan daerah pemilihan (dapil). Untuk KKA sendiri terdata 20 kursi DPRD yang diambil dari 7 kecamatan dan akan diajukan menjadi tiga dapil yakni Siantan, Jemaja dan Palmatak,” jelasnya.

Sedangkan untuk Lingga, DP4 berjumlah 70.721 orang. Data itu diserahkan Bupati Lingga, H Daria ke KPU setempat di Aula Kantor Bupati Lingga.

H Daria mengatakan DP4 yang diserahkan itu merupakan data yang sudah terukur akurasinya.

Ketua KPU Kabupaten Lingga Agussyriawan mengatakan DP4 ini dijadikan sebagai bahan pembanding data pemilih yang lalu dan yang akan datang.

Sementara untuk Kota Tanjungpinang, DP4 berjumlah 147.963 jiwa. Data itu diserahkan langsung Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah ke KPU setempat di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, Kamis (7/2).

Lis mengatakan dengan penyerahan DP4 ini, maka KPU sudah dapat memproses lebih lanjut tahapan pemutakhiran DPS sampai dengan DPT.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Husni Kamil Malik optimis DPT Pemilu 2014 akan betul-betul valid sehingga tidak lagi dijadikan komoditas politik pasca Pemilu.

Rasa optimis Husni Kamil tersebut disampaikannya dalam sambutannya saat menerima DP4 dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dan data pemilih di luar negeri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wisnu Wardhana di Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (7/2).

Kata Husni, DP4 ini akan digunakan untuk menentukan DPS dalam rentang waktu 1 bulan. Dalam waktu satu bulan tersebut, KPU akan meneliti ulang DP4 dengan sistem IS0 untuk kemudian menetapkan DPS.

“Duplikasi data pemilih tidak terjadi. Sebab, selama ini Kemendagri sudah melakukan singkronisasi dengan program e-KTP. Program e-KTP ini bisa mengurangi data yang tidak valid, bahkan duplikasi diharapkan pada titik nol,” ujarnya.

Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan pemerintah telah bersunghuh-sungguh menyelesaikan DP4 dengan akuntabiliti dan moralisasi. “DP4 yang diserahkan hari ini (kemarin) dari database kependudukan yang telah diakurasi secara maksimal,” kata Gamawan. (eza/ham/cw61/nel/put/yan/sam)

BACA JUGA :

5 WNI Tewas Ditembak
1.000 Eksemplar Habis Dibagikan
Wisatawan Kunjungi Riau 2012 Total Satu Juta
Sumbar Terima 930 CPNS