Bukittinggi Optimis Juara 1 di PORPROV 2014

BUKITTINGGI, HALUAN MEDIA — Se­telah berhasil menduduki posisi kedua peraihan medali terbanyak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Desember 2012 lalu, Bukittingi bertekad meraih posisi pertama dari 19 kota dan kabu­paten se-Sumbar pada Porprov XIII 2014 mendatang.

“Untuk meraih prestasi itu, selain membenahi fasilitas olahraga, pemerintah kota Bukittinggi juga akan memberikan bonus yang lebih dibanding tahun-tahun sebe­lum­nya,” kata Walikota Bukittinggi Ismet Amzis ketika menjamu makan malam sebanyak 503 atlet Porprov XII termasuk official di aula perpustakaan proklamator Bung Hatta Selasa (1/1) malam.

Menurut Ismet Amzis pada acara dihadiri Sekda Yuen Karnova, selaku ketua kontingen, ketua KONI Fauzan Haviz, wakil ketua DPRD Yusra Adek, sebenarnya dana yang dihibahkan sebesar Rp1,2 miliar sudah termasuk bonus bagi para atlet peraih medali. Namun karena prestasi yang diraih luar biasa, maka bonusnya juga luar biasa.

Maka pemberian bonus bagi para peraih medali emas, perak dan perunggu tidak bisa diberikan sekarang, karena penambahan bonus akan diusulkan kembali pada APBD perubahan. “Kami mohon agar para atlet bersabar,” harapnya.

Ketua KONI Bukittinggi Fauzan Havis pada acara malam hiburan sekaligus penyerahan piagam kepada atlet panjat tebing Willi dan Yuliza atlet petembak peraih medali terbanyak, senada dengan Wako juga yakin kota Bukittinggi mampu mengalahkan kota Padang pada Porprov XII 2014 mendatang.

Namun yang menjadi kendala bagi para atlet Bukittinggi setiap cabang olahraga hingga saat ini, selain sarana prasarana harus dibenahi juga masalah waktu, sebab semua atlet umumnya pelajar.  Dimana para atlet katanya, sulit membagi waktu untuk berolahraga maupun berlatih karena padatnya jam belajar.

Padahal berolahga di lapangan dan menuntut ilmu di sekolah sama –sama penting, namun karena jam belajar sampai sore, menga­kibat­kan kegiatan olahraga sulit dilak­sanakan para pelajar. Untuk ia berharap kepada pemerintah kota khususnya dinas pendidikan  dapat mengatur waktu bagi para pelajar secara seimbang.

“Jika kendala tersebut dapat diatasi secara bersama – sama kita yakin mampu meraih prestasi gemilang dimasa mendatang,” katanya.

Sementera Yuen Karnova me­n­ga­­ta­kan, pada Porprov XII Bu­kittinggi berhasil mengumpulkan 52 emas, 38 perak dan 67 perunggu, inilah medali yang dipersembahkan atlet Bukittinggi.  Tidak hanya itu, pada Porprov 2012 ini, Bukittinggi juga keluar sebagai juara umum dari empat Cabor, masing-masing panjat tebing dengan 11 emas, menembak delapan emas, tenis meja 5 dan Taekwondo empat emas

“Ini prestasi luar biasa, atlet kita sudah berjuang keras dan sungguh-sungguh. Sebagai peng­hargaan dari hasil Porprov 2012 ini,  tentu saja Pemko Bukittinggi sudah menyiapkan bonus lebih bagi peraih medali. Insya Allah akan diupayakan meningkatkan nilainya dari Porprov sebelumnya,” kata Sekda Yuen Karnova.(h/rdw)

BACA JUGA :

Brasil Lawan Riau Selection Plus di Pekanbaru
Koordinator Konsumsi PON Tegur Hotel
Upaya Balas Dendam
110 Peserta Ikut Kiteboard Tour Asia di Bintan